Monday, January 1, 2024

Gus Baha: Kenapa Kita Sedemikian Ribet dalam Hidup?

Gus Baha: Kenapa Kita Sedemikian Ribet dalam Hidup? Grafis @sorban.apparel
Grafis @sorban.apparel

 

Gus Baha adalah seorang ulama dan pengasuh pondok pesantren di Rembang, Jawa Tengah. Ia dikenal dengan gaya ceramahnya yang lugas dan penuh makna. Dalam salah satu ceramahnya, Gus Baha pernah menyampaikan sebuah nasehat yang menarik tentang kehidupan.


"Kenapa kita sedemikian ribet dalam hidup?" tanya Gus Baha. "Karena kita terlalu berlebihan dan menginginkan banyak hal yang sebenarnya tidak diperlukan."


Gus Baha menjelaskan bahwa manusia sering terjebak dalam pemahaman bahwa hidup harus sempurna. Mereka ingin memiliki segalanya, mulai dari harta, tahta, hingga cinta. Padahal, hal-hal tersebut tidak selalu penting dan dibutuhkan.


"Kalau kita sudah bisa menerima bahwa hidup itu tidak sempurna, maka kita akan lebih mudah menjalani hidup," kata Gus Baha. "Kita tidak perlu pusing-pusing memikirkan hal-hal yang sebenarnya tidak penting."


Gus Baha juga mengingatkan bahwa manusia harus bersyukur dengan apa yang mereka miliki. Ketika kita bersyukur, maka kita akan merasa cukup dan tidak akan merasa kekurangan.


"Bersyukur itu penting, karena bersyukur akan membuat kita bahagia," kata Gus Baha. "Kita tidak akan merasa ribet dalam hidup, karena kita sudah merasa cukup dengan apa yang kita miliki."


Nasehat Gus Baha ini sangatlah bermanfaat. Nasehat ini dapat membantu kita untuk menjalani hidup dengan lebih mudah dan bahagia.


Berikut adalah beberapa tips untuk menjalani hidup dengan lebih sederhana:

  1. Stop membandingkan diri dengan orang lain. Setiap orang memiliki jalan hidup yang berbeda-beda. Jangan membandingkan diri dengan orang lain, karena akan membuat kita merasa tidak cukup.
  2. Fokus pada hal-hal yang penting. Jangan menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak penting. Fokuslah pada hal-hal yang benar-benar penting bagi kita.
  3. Bersyukur dengan apa yang kita miliki. Bersyukur akan membuat kita merasa cukup dan tidak akan merasa kekurangan.


Dengan menerapkan tips-tips tersebut, kita dapat menjalani hidup dengan lebih sederhana dan bahagia.


EmoticonEmoticon