Monday, January 8, 2024

Hubbul Wathan Minal Iman

 

ilustrasi Hubbul Wathon Minal Iman - Grafis @sorban.apparel


"Memang bukan hadits, namun selaras dengan perilaku Rasulullah. Beliau menestakan air mata saat hijrah meninggalkan Makkah, Kota kelahirannya".

-KH. Ahmad Chalwani.


Hubbul wathan minal iman, atau cinta tanah air adalah bagian dari iman. Sebuah ungkapan yang sering kita dengar, namun tidak semua orang memahami maknanya.


Secara bahasa, hubbul wathan berarti cinta tanah air. Sedangkan iman adalah keyakinan yang teguh kepada Allah SWT dan ajaran-ajaran-Nya.


Jika diartikan secara sederhana, hubbul wathan minal iman berarti bahwa cinta tanah air merupakan bagian dari keimanan. Artinya, orang yang beriman akan mencintai tanah airnya.


Cinta tanah air dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, seperti:

  1. Menjaga dan melestarikan lingkungan
  2. Menghormati dan menjunjung tinggi adat istiadat
  3. Menjaga keamanan dan ketertiban
  4. Membangun bangsa dan negara


Rasulullah SAW adalah teladan bagi umat Islam dalam segala hal, termasuk dalam hal cinta tanah air. Beliau sangat mencintai Makkah, kota kelahirannya. Bahkan, saat hijrah ke Madinah, beliau menestakan air mata karena harus meninggalkan Makkah.


Air mata Rasulullah SAW tersebut menunjukkan betapa besarnya cinta beliau kepada Makkah. Beliau tidak rela meninggalkan kota yang telah menjadi tempat tumbuh kembangnya.


Dari kisah Rasulullah SAW tersebut, kita dapat belajar bahwa cinta tanah air adalah hal yang penting. Cinta tanah air akan mendorong kita untuk berbuat baik dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.


Hubbul wathan minal iman adalah ungkapan yang benar. Cinta tanah air merupakan bagian dari keimanan. Orang yang beriman akan mencintai tanah airnya dan berbuat baik untuk bangsa dan negaranya.


EmoticonEmoticon