Tuesday, February 20, 2024

Silaturahim PC GP Ansor se-Barlingmascakeb: Membahas Rekayasa untuk Memperkuat Identitas Kader


 

Banyumas - Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Addin Jauharudin menegaskan bahwa pembangunan nilai dan identitas organisasi sudah selesai.


"Secara nasional, ideologi kita adalah Pancasila. Akidah adalah ahlussunnah wal jamaah, dan sikap keseharian kita adalah tawazun, tawasuth, tasamuh dan amar maruf nahi munkar," tegas Addin dalam kegiatan Silaturahim PC GP Ansor se-Barlingmascakeb di PP Roudlatut Tholibin Sirau, Banyumas, Selasa (20/2/2024).


Namun, Addin mengurai bahwa kejelasan identitas organisasi tidak serta merta terimplementasi dalam sikap dan identitas kader. Ada keterputusan antara kerangka ideologi dan taktis yang memerlukan rekayasa politik, sosial, dan ekonomi.


"Kita perlu political engineering, social engineering, dan economy engineering. Kita perlu perekayasaan yang terukur dan sistematis. Ini perekayasaan yang belum kita lakukan," kata Addin.



Addin mencontohkan dalam hal politik, kader-kader Ansor berada dalam posisi strategis mulai dari tingkat desa, penyelenggara Pemilu sampai dengan birokrasi.


"Maka kemudian ini harus ditata, harus direncanakan. Gagalnya kita adalah karena gagalnya perencanaan kita," ucap Addin.


Addin menekankan pentingnya perekayasaan ini untuk membangun nilai dan identitas kader yang kuat dan konsisten.


Kegiatan Silaturahim PC GP Ansor se-Barlingmascakeb menjadi wadah bagi para kader Ansor untuk membahas dan merumuskan strategi dalam membangun nilai dan identitas kader yang kuat dan konsisten melalui rekayasa politik, sosial, dan ekonomi.




Saya selalu yakin, bahwa akan selalu ada ide-ide baru yang bisa digarap ke depan apabila kumpul bersama sahabat-sahabat Ansor dan Banser. Salah satunya saat silaturahim bersama PC GP Ansor se-Barlingmascakeb di PP Roudlotut Tholibin Sirau, Banyumas, Siang tadi.


Political engineering, social engineering dan economy engineering menjadi narasi baru dalam pembangunan karakter dan identitas individu organisasi. Narasi ini akan menjadi proyeksi tata kelola organisasi Ansor ke depan.


Addin Jauharudin, Ketum PP GP Ansor di Kediaman Gus Mujib Sirau Kemranjen




























EmoticonEmoticon