Kamis, 14 November 2019

Gus Luqman - Aku NU Padamu



Ajaran Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) adalah ajaran yang moderat dan menjadi landasan perjuangan dan pengabdian kepada Ummat. Aswaja telah kokoh sebagai landasan jihad oleh Nahdlatul Ulama untuk memperbaiki kondisi sosial dan kultural bangsa Indonesia.

Nahdlatul Ulama akan senantiasa berjuang untuk memastikan bahwa Ideologi Aswaja senantiasa menjaga adanya keragaman pendapat dalam beragama, sehingga ideologi agama tidak terjerembab ke dalam jurang kejumudan atau keliberalan.

Dalam Aswaja, perbedaan pendapat, selama tidak ada nash qoth'i (dalil nash) adalah boleh. Sedangkan untuk urusan hal-hal yang tidak ada nash qath'i adalah bersifat ijtihadiyah yang memungkinkan terjadinya perbedaan pendapat.

NU dengan paham Aswaja-nya senantiasa membuka diri terhadap perbedaan-perbedaan pendapat. NU akan selalu bergerak dan dinamis dengan terus bermunculannya pendapat-pendapat baru selama masih berada dalam koridor-koridor yang dapat dipertanggungjawabkan, terutama dalam mengikuti perkembangan-perkembangan zaman

Aswaja sebagai ideologi tengah-tengah telah memiliki karakter ke-Indonesia-an yang mampu menjadi perekat bagi kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.

اكمل المؤمنين ايمانا احسنهم خُلقاً

Mu'min sing paling sempurna yaiku wong kang paling apik akhlaqe ( Riyadus Sholihin )


EmoticonEmoticon